Seberapa Besar Planet Neptunus?

Info Astronomy — Planet terjauh dari matahari, Neptunus, juga merupakan planet terbesar ketiga. Meskipun ukurannya yang besar, ia adalah planet yang ditemukan terakhir, karena jaraknya yang sangat jauh.

Radius, diameter, dan lingkarnya.

Neptunus merupakan planet terbesar keempat dalam hal diameter, sehingga terkecil dalam ukuran fisik dari raksasa gas. Jarak rata-rata dari inti planet ke permukaan adalah 15.299 mil (24.622 kilometer). Tapi seperti kebanyakan permukaan berputar, rotasi Neptunus menyebabkannya tonjolan sedikit di sekitar khatulistiwa. Bentuk yang dihasilkan dikenal sebagai oblate bulat. Jari-jari di kutub adalah 15.125 mil (24.341 km), sedikit lebih kecil dari jari-jari khatulistiwa 15.388 mil (24.764 km). Diameter rata-rata di seluruh planet ini adalah 30.598 mil (49.244 km), hampir empat kali diameter Bumi.

Sebuah perjalanan di sekitar ekuator Neptunus akan mencakup 96.129 mil (154.705 km). Seperti perjalanan tidak dapat dilakukan pada permukaan planet yang tertutup air dan es yang mencair pada batuan padat.

Luas permukaan planet mencakup 2,9 miliar mil persegi (7,6 miliar km persegi). Seperti semua raksasa gas, Neptunus memiliki cincin di sekitarnya. Jarak cincinya sejauh 39.105 mil (62.933 km) dari pusat planet.

Kepadatan, Massa, dan Volume.

Meskipun Neptunus di posisi keempat dalam hal diameter, ia menempati urutan ketiga dalam hal massa, menjelang Uranus. Raksasa gas beratnya di 1,02 x 26 10 kilogram, atau 102 triliun triliun kilogram. Hal ini lebih dari tujuh belas kali massa Bumi. Batu, es, dan gas yang membuat raksasa es mengisi volume 15 triliun kilometer kubik (62 triliun kilometer kubik), hampir 58 kali volume Bumi.

Kepadatan Neptunus adalah 1.638 gram per sentimeter kubik. Kepadatan rendah menunjukkan bahwa, seperti Uranus, atmosfer terdiri dari es lebih dari Saturnus dan Jupiter, menyebabkan para ilmuwan untuk menyebutnya sebuah "raksasa es". Jarak ke Neptunus dari matahari menjaga suhu planet rendah sepanjang tahun, meskipun beberapa astronom menduga planet awalnya dibentuk lebih dekat ke bintang. Meskipun massa secara signifikan lebih rendah, gravitasi permukaan Neptunus adalah yang kedua setelah Jupiter. [space/riza]