Satelit Kembar NASA Ditabrakan ke Bulan Hari Ini: Lihat Siaran Langsung Online

Info Astronomy — NASA mengumumkan bahwa mereka sengaja mengatur dua satelitnya untuk ditabrakan ke permukaan bulan pada hari ini, Senin 17 Desember 2012.

Badan Penerbangan dan Antariksa AS, NASA, akan menyiapkan dua satelitnya untuk ditabrakkan ke bulan. Kedua satelit tersebut beroperasi sejak 1 Januari 2012 dan berjasa mendapatkan data tentang peta gravitasi dengan resolusi tinggi yang diperoleh dari bulan dan planet-planet.

Dua satelit milik NASA ini bernama Ebb dan Flow yang memiliki ukuran kecil, dan sudah cukup lama mengitari bulan. Menurut pihak NASA, kedua satelit tersebut memiliki ukuran hanya sebesar satu unit mesin cuci.

Kabar baiknya, kita dapat menonton siaran langsung online kejadian ini pada 5 p.m. EST (2200 GMT). kedua satelit tersebut akan mendarat di sebuah tempat seperti gunung yang tertutup bayangan sehingga menyulitkan mereka mengambil gambar ketika terjadi benturan.

Dilansir SlashGear, kedua satelit tersebut akan menabrak bulan dengan kecepatan sekitar 3,760 mil per jam. NASA juga menyatakan sepertinya tidak akan ada ledakan yang berarti dan pendaratannya pun akan dikendalikan oleh mereka.

Tujuan mereka sengaja menabrakkan kedua satelit tersebut ke bulan adalah karena tingkat bahan bakar keduanya yang sudah akan habis, sehingga tidak memungkinkan keduanya untuk melakukan misi apapun di kemudian hari. Lihat Siaran Langsung Online. [riza]