Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Salah Satu Foto Astronomi Terbesar yang Pernah Dipotret

Salah Satu Foto Astronomi Terbesar yang Pernah Dipotret


Info Astronomy — Mencari gambar desktop PC baru yang menakjubkan untuk akhir tahun? Coba ini : Itu adalah panorama menakjubkan putaran Cygnus, sisa-sisa supernova yang terletak 1500 tahun cahaya di konstelasi (Anda dapat menebaknya) Cygnus.

Gambar ukuran penuh, yang diperoleh dengan kamera selebar lapangan Mosaic pada teleskop WIYN 0,9 meter di Kitt Peak, Arizona, adalah 600 juta piksel dalam ukuran - lebih dari 1,68 gigabyte - membuatnya menjadi salah satu gambar astronomi terbesar yang pernah dibuat!

Seluruh struktur putaran Cygnus, sisa-sisa gas dari supernova yang terjadi 5.000 - 10.000 tahun yang lalu, mencakup wilayah hampir 45 kali ukuran Bulan Purnama di langit.

Dalam gambar, alpha hidrogen, sulfur, dan oksigen ion sesuai dengan masing-masing warna merah, hijau, dan biru.

"Gambar seperti ini sangat luar biasa karena dapat mengingatkan Anda oleh gambaran besar dan keindahan yang mengelilingi kita." kata Dr Richard Cool, MMT Observatory.

Dari siaran pers NOAO:

Para astronom memperkirakan ledakan supernova yang menghasilkan nebula terjadi antara 5.000 hingga 10.000 tahun yang lalu. Pertama kali dicatat pada tahun 1784 oleh William Herschel, itu begitu besar sehingga banyak bagian yang telah dikatalogkan sebagai obyek yang terpisah, termasuk NGC 6992, NGC 6995 dan IC 1.340 sepanjang sisi (kiri) timur gambar, NGC 6974 dan NGC 6979 dekat bagian tengah atas, dan Nebula Veil (NGC 6960) dan Segitiga Pickering sepanjang tepi (kanan) Barat. Bintang terang di dekat tepi barat gambar, dikenal sebagai 52 Cygnus, tidak terkait dengan supernova.

Ini gambar yang luar biasa menunjukkan bahwa bahkan teleskop yang relatif kecil mampu menghasilkan penelitian mutakhir, ketika dilengkapi dengan kamera modern. [UT]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.