Saat Ini, Asteroid Besar Sedang Melintasi Bumi

Info Astronomy — Asteroid sebesar 2 kali Gunung Merapi bernama Toutatis sedang melintasi Bumi saat ini. Ia tidak dapat diamati dengan mata telanjang.

Penyebab tidak dapat diamati dengan mata telanjang adalah magnitudo semu dari asteroid tersebut adalah +8 hingga +10 sehingga butuh alat bantu optik (teleskop/binokuler) untuk mengamatinya.

Dan pada saat Anda membaca artikel ini hanya permukaan Bumi yang sedang diliputi malam saja, yakni seluruh benua Amerika, Samudera Pasifik dan (sebagian) Samudera Atlantik.

Di Indonesia, meski Toutatis sudah terbit di kaki langit timur sejak pukul 13:00 WIB, Toutatis baru akan nampak di langit setelah Matahari terbenam hingga Toutatis terbenam di kaki langit barat jelang pukul 02:00 WIB. Selama itu Toutatis akan nampak sebagai bintik cahaya yang dengan latar belakang bintang-bintang di perbatasan rasi Cetus dan Pisces.

Guna mengidentifikasinya, jika kita melihat langit barat pada pukul 22:00 WIB, carilah posisi rasi Taurus yang ditandai dengan terangnya planet Jupiter di sana (untuk saat ini). Terhitung dari posisi rasi Taurus, rasi Aquarius bertempat di sisi kiri bawahnya dengan jarak sudut sekitar 40 derajat, atau setara bentangan dua kepalan tangan (dengan jempol dan kelingking terentang sementara jemari lainnya tertutup).

Asteroid ini sekarang berjarak 6,95 juta kilometer dan tidak akan menabrak Bumi. [LS, riza]