Puncak Hujan Meteor Geminid 2012

Info Astronomy — Hujan meteor terakhir di 2012 akan muncul pada puncaknya pada 12 Desember 2012 di rasi Gemini, ia adalah hujan meteor Geminid.

Hujan Meteor Geminid adalah hujan meteor yang intensitasnya bisa dibilang banyak. Diprediksikan akan ada 120 meteor yang melintas setiap jamnya saat puncak. Puncaknya sendiri akan bisa mulai diamati di langit timur pada pukul 21.00 WIB tanggal 12 Desember 2012 di rasi Gemini.

Bulan yang sudah memasuki fase Bulan Baru pada hari itu, tidak akan menggangu pemandangan kita saat mengamati Hujan Meteor Geminid.

Hujan Meteor Geminid bukan berasal dari serpihan komet, tetapi dari serpihan asteroid yang bernama 3200 Phaethon. Asteroid tersebut mengorbit Matahari dan meninggalkan serpihannya di orbit Bumi pada bulan Desember ini.

Daerah Rumah Saya Dapat Mengamati Ini?

Ya, tentu saja bisa. Cukup berdiri di tanah lapang sambil memakai baju hangat dan lihat arah langit timur mulai pukul 21.00 waktu daerah rumahmu. Kamu juga bisa melihat siaan langsung online Hujan Meteor Geminid di Slooh Space Camera. [RMM]