Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Penyebab Merkurius dan Venus Tidak Punya Satelit Alam

Penyebab Merkurius dan Venus Tidak Punya Satelit Alam


Info Astronomy — Apa, sih, penyebab Merkurius dan Venus tidiak memiliki satelit alam layaknya Bumi yang memiliki Bulan sebagai satelit alamnya? Berikut penjelasannya.

Merkurius tidak memiliki satelit alam karena jaraknya yang sangat dekat (sekitar 57,9 juta km) dari matahari sehingga gaya gravitasi matahari akan jauh lebih besar daripada gaya gravitasi Merkurius, sehingga kalau saja ada sebuah benda yang mengorbit merkurius, benda tersebut pada akhirnya akan tertarik ke arah matahari.

Lalu tentang Venus. Menurut salah satu teori, dahulu Venus memiliki satelit dengan cara yang sama seperti Bumi memiliki Bulan, yaitu karena adanya benda asing yang menabrak Venus lalu serpihannya membentuk satelit.

Lalu ada lagi tumbukan kedua. Nah, akibat tumbukan itu arah rotasi Venus jadi terbalik dan lambat, dan akibat arah rotasi yang terbalik itu satelitnya jadi bergerak spiral mendekati venus hingga akhirnya hilang tanpa terjadinya tabrakan lagi. [adi]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.