Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Penerbangan Pertama ke Planet Lain Terjadi 50 Tahun Lalu

Penerbangan Pertama ke Planet Lain Terjadi 50 Tahun Lalu


Info Astronomy — Lima puluh tahun yang lalu, NASA Mariner 2, wahana luar angkasa yang paling dekat pertama kali dengan planet Venus, menandai penerbangan pertama kalinya ke planet lain.

Mariner 2 diperbesar ke dalam 21.564 mil (34.675 kilometer) dari Venus pada 14 Desember 1962, mengumpulkan data tentang planet saudara Bumi ini. Wahana mengambil close-up pengukuran pertama dari suhu terik Venus, misalnya, membantu mengkonfirmasi kecurigaan ilmuwan bahwa efek rumah kaca telah menguasai dunia.

Pelacakan sinyal radio Mariner 2 ini, peneliti juga menghitung massa Venus dengan presisi yang belum pernah terjadi sebelumnya, kata para pejabat NASA.

"JPL selalu berusaha untuk melakukan hal-hal perkasa atas nama NASA dan bangsa Amerika," kata Charles Elachi, direktur NASA Jet Propulsion Laboratory di Pasadena, California, yang mengelola misi Mariner 2, dalam sebuah pernyataan. "Pencapaian pertama di Amerika 'pertama di luar angkasa' adalah salah prestasi laboatorium paling membanggakan."

Mariner 2 memiliki bergelombang naik. Tak lama setelah peluncuran pada 27 Agustus 1962, arus pendek menyebabkan roket wahana tidak responsif terhadap perintah bimbingan. Tetapi hubungan pendek misterius pulih sendiri sekitar satu menit kemudian, para pejabat NASA mengatakan.

Sebuah panel surya pada pesawat ruang angkasa berhenti bekerja pada dua kesempatan terpisah, dan sikap pengendali giroskop mengakalinya. Selanjutnya, suhu wahana naik secara dramatis saat mendekati Venus, menyebabkan manajer khawatir bahwa Mariner 2 mungkin 'dimasak' sebelum bisa menyelesaikan misinya.

Tapi Mariner 2 mengatasi semua ini, dan sisanya adalah sejarah. Selain mengangkat nama Venus, pengamatan pesawat ruang angkasa juga menegaskan adanya angin surya dan ilmuwan memungkinkan untuk memperbaiki nilai dari unit astronomi - jarak dari Bumi ke Matahari, yaitu sekitar 93 juta mil (150 juta km).

Dalam setengah abad - setelah pertemuan dekat Mariner 2 ini, pesawat ruang angkasa lainnya telah lebih lanjut mempelajari planet kedua dari matahari. Uni Soviet bahkan mendaratkan beberapa wahana di permukaan Venus, dimulai dengan Venera 7 pada tahun 1970. Tapi Mariner 2 akan selalu memiliki tempat khusus dalam sejarah.

"Akan ada misi lain untuk Venus, tapi tidak akan pernah ada lagi misi pertama ke Venus," kata Jack James dari JPL, manajer proyek Mariner 2, sebelum kematiannya pada tahun 2001. [space]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.