Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

MWC 922, Nebula Kotak Merah

MWC 922, Nebula Kotak Merah


Info Astronomy — Nebula Kotak Merah adalah objek angkasa yang terletak bintang MWC 922 di konstelasi Serpens berada pada jarak 5000 tahun cahaya dari Bumi. Gambar-gambar pertama dari nebula ini diambil menggunakan Mt. Palomar Hale teleskop di California, yang dirilis pada bulan April 2007. Hal ini penting untuk melihat bentuk persegi, yang menurut astrofisikawan Universitas Sydney Peter Tuthill, menjadikannya salah satu dari benda-benda angkasa yang paling simetris yang pernah ditemukan.

Penjelasan yang diusulkan oleh Tuthill dan rekannya James Lloyd dari Cornell University mengklaim bahwa bentuk persegi muncul dari dua bentuk kerucut bertempatkan dari ujung-ke-ujung, seperti yang terlihat dari samping. Ini juga menjelaskan "dua cincin" struktur yang terlihat di SN 1987A. Tidak ada penjelasan yang jelas tentang bagaimana bintang pusat dapat menghasilkan bentuk nebula ini: Menjelang akhir hidup mereka, banyak-bintang bermassa rendah, seperti Matahari, mengelupaskan lapisan luar mereka untuk menghasilkan nebula planetari. Namun bintang panas di jantung nebula Red Square, yang disebut MWC 922, tampaknya relatif besar, menunjukkan proses lain.

Salah satu penjelasan yang mungkin adalah bahwa kedua jari-jari radial luar samar adalah bayangan riak periodik atau gelombang pada permukaan cakram bagian dalam dekat dengan bintang pusat. [hr]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.