Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Mengenal Bintang VY Canis Majoris

Mengenal Bintang VY Canis Majoris


Info Astronomy — VY Canis Majoris (VY CMa) adalah bintang maha maharaksasa merah yang terletak di rasi Canis Major. Dengan jari-jari 1800 sampai 2100 kali radius Matahari, (8.4-9.8 SA (satuan astronomi), 1.5315 × 10 9 km, atau 0.85 × 10 9 mil), VY CMa merupakan bintang terbesar kedua setelah NML Cygni dan juga merupakan salah satu bintang paling bercahaya yang pernah diketahui selama ini.

Bintang ini terletak sekitar 1.5 kiloparsec (4900 tahun cahaya, 4.6 × 10 16 km, atau 2.9 × 10 16 mil) dari bumi. Tidak seperti kebanyakan bintang maha maharaksasa lainnya, yang biasanya bersistem bintang ganda, VY CMa adalah bintang tunggal. VY CMa dikategorikan sebagai bintang bervariabel semi-regular. VY CMa memiliki kepadatan rata-rata 0.000005 sampai 0.000010 kg/m3.

Sifat Dasar VY Canis Majoris

Catatan pertama VY CMa yang diketahui ada dalam katalog bintang Jérôme Lalande, pada tanggal 7 Maret 1801. Dalam katalog tersebut, VY CMa adalah bintang dengan magnitudo 7. Penelitian lebih lanjut selama abad ke-19 menunjukkan bahwa VY CMa telah meredup sejak tahun 1850.

Sejak 1847, Vy CMa dikenal sebagai bintang merah. Selama abad ke-19, pengamat mengukur setidaknya 6 komponen berlainan di sekitar VYCMa, menunjukkan kemungkinan VY CMa adalah bintang ganda. Komponen berlainan tersebut sekarang dikenal sebagai area terang nebula di sekitar VY CMa. Pengamatan visual pada tahun 1957 dan pencitraan resolusi tinggi pada tahun 1998 menunjukkan bahwa VY CMa tidak memiliki bintang pendamping.

VY CMa adalah bintang kelas M dengan temperatur efektif sekitar 3000 K, menempatkannya di pojok kanan atas diagram Hertzsprung-Russell dan menunjukkan bahwa VY CMa adalah bintang yang diciptakan secara kompleks.

Ukuran

Profesor Roberta M. Humphreys dari Universitas Minnesota memperkirakan radius VY CMa adalah 1800 hingga 2100 kali radius Matahari. Untuk mengilustrasikan, jika Matahari digantikan oleh VY CMa, radiusnya bisa melampaui orbit Saturnus. Cahaya membutuhkan lebih dari 2.7 jam untuk perjalanan mengelilingi keliling VY CMa, dibandingkan dengan 14.5 detik untuk Matahari. Untuk mengisi volume VY CMa, dibutuhkan 7 × 10^15 Bumi.

Jika Bumi diwakili oleh bola dengan diameter 1 cm, Matahari diwakili bola dengan diameter 109 cm, dengan jarak antara keduanya 117 meter. Pada skala ini, VY Canis Majoris memiliki diameter sekitar 2.3 kilometer.

Harapan Hidup

VY CMa akan menjadi sangat tidak stabil setelah melepaskan banyak massa ke nebula di sekitarnya. Para astronom, dengan bantuan Teleskop luar angkasa Hubble, telah memprediksi bahwa kurang dari 100.000 tahun, VY Canis Majoris akan meledak sebagai hipernova (lebih dahsyat dari supernova).

Secara teoritis, hipernova akan menyebabkan ledakan sinar gamma yang dapat merusak isi sistem tata surya terdekat (2-5 tahun cahaya). Tetapi, ledakan VY CMa diharapkan terlalu jauh untuk untuk mempengaruhi Bumi. [wikipedia. Editor: RMM]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.