Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Mengenal Bintang Altair

Mengenal Bintang Altair


Info Astronomy — Altair (Alpha Aquilae/Alpha Aql/α Aquilae/α Aql) adalah bintang tercerah di rasi Aquila, bintang tercerah keduabelas di langit malam. Bintang ini berada pada kategori tipe A dengan magnitudo 0.76. Altair berputar sangat cepat dengan kecepatan 286 km/detik.

Ciri-ciri

Altair berada pada jarak 17 tahun cahaya dari Bumi dan merupakan salah satu bintang terdekat yang dapat disaksikan oleh mata telanjang. Bersama Beta Aquilae dan Gamma Aquilae, membentuk suatu garis yang disebut sebagai Keluarga Aquila (the Family of Aquila) atau Tangkai Aquila. Massa bintang ini kira-kira 1.8 kali Matahari dan lebih cerah 11 kali dari Matahari.

Etimologi

Nama Altair telah digunakan sejak dulu. Nama ini berasal dari bahasa Arab النسر الطائر, an-nasr aţ-ţā’ir yang berarti "elang yang terbang". Nama ini juga merupakan nama rasi bintang menurut bangsa Arab, terdiri dari α, β, dan γ Aquilae dan berkemungkinan merujuk pula pada kebudayaan Babilonia dan Sumerian, di mana bintang ini disebut pula sebagai Eagle Star. [referensi: wikipedia]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.