Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Lubang Hitam Supermasif Ditemukan di Halaman Belakang Galaksi Kita

Lubang Hitam Supermasif Ditemukan di Halaman Belakang Galaksi Kita


Info Astronomy — Galaksi spiral NGC 3627. Terletak 30 juta tahun cahaya dari Bumi dan ia mungkin menyembunyikan lubang hitam supermasif di pusatnya, pengamatan menggunakan x-ray telah mengungkapkannya.

Para peneliti mengatakan galaksi ini hanyalah salah satu contoh bagaimana teleskop X-ray dapat membantu mengungkapkannya, lubang hitam raksasa tepat di lingkungan kosmik kita.

Sebuah tim ilmuwan baru-baru ini melihat data yang dikumpulkan dengan X-ray Chandra NASA Observatory dari 62 galaksi terdekat dan menunjukkan bahwa 37 dari galaksi yang telah di-x-ray memiliki lubang hitam di pusat-pusat mereka. Di antara mereka, tujuh dianggap baru kandidat lubang hitam supermasif.

Pengamatan dengan x-ray dapat mengungkapkan tingkat rendah aktivitas lubang hitam yang mungkin sangat cerah.

Pengamatan dengan x-ray dapat mengungkapkan tingkat rendah aktivitas lubang hitam yang mungkin telah 'dicuci' oleh cahaya optik terang galaksi. Survei yang rinci tahun lalu dalam The Astrophysical Journal, menunjukkan fraksi galaksi ditemukan menjadi tuan lubang hitam supermasif jauh lebih tinggi dari sebelumnya yang pernah ditemukan dengan pencarian optik.

Gambar komposit dari NGC 3627, yang dirilis pekan lalu, Chandra menggabungkan data (biru) dengan data inframerah dari Spitzer Space Telescope (merah) dan data optik dari Hubble Space Telescope dan Very Large Telescope (kuning). Ini menunjukkan galaksi seperti yang diamati pada 31 Maret 2008. [riza]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.