Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Lubang Hitam Raksasa Baru, Lebih Besar dari yang Terbesar

Lubang Hitam Raksasa Baru, Lebih Besar dari yang Terbesar


Info Astronomy — Sejumlah lubang hitam terbesar di alam semesta mungkin bahkan lebih besar dari yang diperkirakan sebelumnya, kata para peneliti.

"Lubang hitam Ultramasif - yaitu, lubang hitam dengan massa melebihi 10 miliar massa matahari - yang mungkin tidak jarang, beberapa dari lubang hitam kolosal mungkin ada," kata pemimpin penulis studi Julie Hlavacek-Larrondo, astrofisikawan di Stanford University.

Di jantung hampir setiap galaksi besar adalah lubang hitam supermasif seberat jutaan miliaran kali massa matahari. Astronom dapat mendeteksi keberadaan dan ukuran perkiraan dari lubang hitam berdasarkan bagaimana mereka mengganggu ruang dan materi di sekitar mereka.

Sekarang, menggunakan data dari NASA's Chandra X-ray Observatory, peneliti menganalisis galaksi paling terang dalam sampel 18 kluster galaksi menemukan bahwa setidaknya 10 dari lubang hitam pada galaksi ini sebenarnya 10000000000-40000000000 kali massa matahari.

Ultra besar

Para ilmuwan memperkirakan massa lubang hitam dalam sampel ini dengan menganalisis jumlah sinar-X dan gelombang radio yang mereka hasilkan ketika mereka melahap gas di sekitarnya, debu dan bintang. Selain X-ray data dari Chandra, para peneliti juga menggunakan data radio dari Very Large Array di New Meksiko dan Australia Telescope Array Compact, serta data inframerah dari Survei 2-Micron All-Sky.

Setelah mereka memiliki data ini, para ilmuwan menyimpulkan ukuran lubang hitam dengan menggunakan hubungan yang dikenal antara jumlah radiasi mereka mengeluarkan dan massa lubang hitam. Hubungan ini, disebut bidang dasar aktivitas lubang hitam, berlaku untuk data pada lubang hitam dengan massa mulai dari 10 massa matahari untuk 1 miliar massa matahari.

Anehnya, lubang hitam adalah sekitar 10 kali lebih besar dari yang diharapkan dari ukuran galaksi 'tuan rumah' mereka. [space]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.