Kembaran Sungai Nil Terdapat di Titan, Satelit Alam Saturnus

Info Astronomy — Wahana ruang angkasa NASA Cassini telah menangkap gambar dari pemotongan sungai panjang di bulan terbesar milik Saturnus, Titan. Sungai kaya akan hidrokarbon membentang lebih dari 250 mil (400 kilometer) dari sumbernya ke laut besar di dekat kutub utara Titan.

Citra radar Cassini adalah pemotret resolusi tinggi pertama yang pernah diambil dari suatu sistem sungai besar di dunia di luar Bumi, kata para peneliti, ilmuwan dan membandingkannya dengan Sungai Nil di Mesir.

"Meskipun ada beberapa yang pendek, kelurusan relatif lembah sungai menunjukkan itu mengikuti jejak minimal satu kesalahan, mirip dengan sungai besar lainnya berlari ke sisi selatan laut in yang sama," Jani Radebaugh, Tim asosiasi Cassini di Brigham Young University, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

"Kesalahan tersebut - patah di batuan dasar Titan - tidak dapat diartikan lempeng tektonik seperti di Bumi, namun masih mengarah pada pembukaan pasir cekung yang mungkin untuk pembentukan laut raksasa itu sendiri," tambah Radebaugh.

Para ilmuwan yakin bahwa sungai penuh cairan karena tampak gelap sepanjang seluruh potongan dalam citra Cassini. Cairan ini bukan air, namun, Titan memiliki sistem cuaca berbasis hidrokarbon, dengan hujan etana dan hujan metana dari langit dan penyatuan di danau besar dan laut.

Sungai baru yang dipotret mengalir ke Kraken Mare, laut terbesar yang dikenal di Titan. Para peneliti memperkirakan bahwa Kraken Mare mencakup sekitar 154.000 mil persegi (400.000 kilometer persegi), sehingga lima kali lebih besar dari Danau Superior di Amerika Utara.

Misi 32 juta Dolar Cassini, merupakan kolaborasi yang melibatkan NASA, ESA dan Badan Antariksa Italia. Ini diluncurkan pada tahun 1997, tiba di sistem Saturnus pada tahun 2004, dan dikirim probe disebut Huygens turun ke permukaan Titan pada Januari 2005. Seperti yang diharapkan, Huygens berhenti mengirimkan data yang pulang tak lama setelah mendarat di Titan, yang pada 3.200 mil (5.150 km) lebar bulan terbesar Saturnus. Tapi Cassini masih akan kuat, dan misinya untuk mempelajari Saturnus dan bulan-bulannya telah diperpanjang melalui setidaknya 2017. "Ini Sungai yang dipotret oleh radar Cassini menyediakan foto-foto lain yang fantastis, yang pertama kali mengisyaratkan dari gambar saluran dan selokan dilihat oleh probe Huygens ESA karena turun ke permukaan bulan pada 2005," kata Nicolas Altobelli, ilmuwan proyek ESA Cassini. [space]