Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Jupiter dan Bulan Satu Garis Lurus Malam Ini

Jupiter dan Bulan Satu Garis Lurus Malam Ini


Info Astronomy — Di malam yang cerah nanti malam, Bulan dan Planet Jupiter akan berdekatan dengan Bulan sekitar 0,5 derajat. Mereka akan terbit di langit timur pada sore ini pukul 18.00 WIB dan akan tenggelam pada 26 Desember 2012 pukul 03.00 WIB.

Planet Jupiter, planet termasif di tata surya, beberapa hari yang lalu sempat berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi. Namun, saat ini masih tidak terlalu jauh. Malam ini ia akan terlihat menyerupai bintang putih yang paling cemerlang dan berada di atas Bulan. Jika kesulitan menemuinya, cari dahulu rasi Orion, rasi yang memiliki 3 bintang berjejer.

Ingin mengamatinya dengan mata telanjang? Ya tentu saja bisa, Anda akan seperti melihat Bulan Cembung yang besebelahan dengan Bintang (yang aslinya Jupiter). Ada hal menarik jika mengamati dengan teleskop, Anda bisa melihat dengan jelas rotasi planet Jupiter dan titik badai merah raksasa juga dapat diamati. Tidak hanya itu, satelit alaminya juga dapat diamati dengan teleskop, ia adalah Ganymede.

Ayo amati malam ini! [riza]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.