Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Hujan Meteor Menghiasi Malam Pergantian Tahun 2013

Hujan Meteor Menghiasi Malam Pergantian Tahun 2013


Info Astronomy — Di awal tahun 2013, Hujan Meteor Quadrantid akan menemani kita memasuki tahun baru. Langit tidak hanya akan dihiasi oleh ratusan kembang api, tetapi langit juga akan dihiasi dengan kilauan hujan meteor! Penasaran, kan?

Fenomena Hujan Meteor Quadrantid ini akan berlangsung selama 5 hari yaitu mulai tanggal 1 - 5 Januari 2013 dan puncaknya pada Tanggal 3 - 4 Januari 2013. Biasanya waktu terbaik untuk mengamati Quadrantid adalah setelah tengah malam (mulai malam ini) hingga fajar yaitu pukul 01.00 – 04.00 WIB ketika tingkat aktivitas meteor terbesar. Biasanya intensitas terbesar terjadi hanya saat puncak.

Quadrantids akan dapat cukup mengesankan dengan intensitas hingga 120 meteor per jam pada puncaknya (dalam kondisi sempurna) tanpa dihalangi sinar bulan dan cuaca harus yang cerah, bahkan kadang-kadang dapat menghasilkan hingga 200 meteor per jam. Namun puncak cukup sempit, hanya berlangsung beberapa jam, dengan aktivitas kedua sisi puncak yang cukup lemah.

Posisi pusat atau titik radian Quadrantids terletak di antara rasi bintang Bootes, Corona Borealis, Draco, Ursa Minor, dan Canes Vanatici [Unduh Peta Langit untuk mengetahui letak rasi bintang].

Anda tidak perlu teropong atau teleskop super canggih untuk melihat Quadrantids. Mata telanjang justru yang terbaik untuk melihat meteor yang sering beruntun lebih dari 45 derajat di langit.

Khusus yang berlokasi di Asia Tenggara, infoastronomy.uni.me akan berbagi Strategi & Tips untuk menikmati meteor:

*. Carilah tempat tinggi dan lingkungan yang tingkat cahayanya rendah. Dengan demikian, jangkauan pandangan Anda akan lebih luas dan hujan meteor akan lebih terlihat jelas karna tidak terganggu oleh cahaya lainnya di sekitar.

*. Gunakan pakaian hangat, sediakan juga kopi hangat dan sedikit cemilan. Ini akan sangat berguna untuk Anda yang menanti menikmati hujan meteor, karena pada jam-jam tersebut suhu udara akan menjadi lebih dingin, mata akan lebih mengantuk, dan perut akan lebih terasa lapar. Terlalu lama berembun tanpa persiapan sangat tidak baik untuk kesehatan.

*. Rebahkan tubuh pada kursi malas, atau merebahkan selimut tebal di atas tanah. Layaknya menonton televisi di rumah, tubuh yang rileks akan lebih membantu untuk menikmati dan mengamati hamparan langit yang luas.

*. Menyediakan senter kecil untuk sekali-sekali melihat peta antariksa. Disela-sela waktu menunggu, mungkin akan lebih menyenangkan jika kita menebak-nebak dan mempelajari rasi bintang apa saja yang ada di langit saat ini, hingga dapat menambah pengetahuan mengenai antariksa.

*. Berbaring dengan tubuh agak menghadap ke arah barat. Meteor dapat muncul di setiap bagian dari langit, meskipun jalur mereka akan cenderung kembali ke titik bercahaya yaitu di arah terbitnya matahari.

*. Jangan lewatkan "Timing" yang terbaik untuk melihat meteor. Biasanya terang bulan akan jadi penghalang untuk melihat hujan meteor.

Jangan sampai ketinggalan! [riza]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.