Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Foto Gerhana Bulan Penumbra Dari Bumi

Foto Gerhana Bulan Penumbra Dari Bumi


Info Astronomy — Saat Bulan melintasi bayangan Bumi 28 November 2012 lalu, gerhana Bulan penumbra dipotret oleh pengamat langit. Gerhana Bulan (28 Nov) terjadi saat Bulan melintasi bayangan penumbra Bumi. Gerhana tersebut dinamakan Gerhana Bulan Penumbra, Bulan terlihat redup karena efek penumbra Bumi.

Photographer David Matthews mengamati Gerhana Bulan Penumbra dari Pulau Cagraray di Filipina, di sana ia menggunakan kamera digital Canon PowerShot SX10s dan sebuah teleskop reflektor 8-inch untuk memotret bayangan yang menutupi kecemerlangan Bulan.

Gerhana Bulan Penumbra Rabu lalu juga merupakan Bulan Purnama terkecil di 2012 atau Micro Moon. Peristiwa ini juga terlihat di Asia Timur, Australia, Alaska dan Hawaii, dan sedikit terlihat dari wilayah barat Amerika dan Kanada.

Pengamat langit Kalani Pokipala mengamati gerhana dari Hawaii, "Yes that's pretty cold for us down here in paradise. We're behind the rest of the world, but never without beautiful weather," kata Pokipala, "Hope others enjoyed the winter's evening as much as we did."

Gerhana Bulan terjadi saat Bulan mendekati bagian terdekat dari Bumi dan matahari dan terhalang bayangan Bumi. Karena orbit Bulan miring, gerhana tidak terjadi tiap bulan.

Gerhana Bulan berikutnya akan terjadi pada 25 April 2013, Gerhana Bulan Parsial. [livescience]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.