Fenomena Astronomi Terbaik Tahun 2012: Supermoon (Lunar Perigee)



Info Astronomy — Supermoon tahun ini terlihat pada Sabtu, 5 Mei 2012. Kita bisa melihat supermoon atau lunar perigee (Bulan di jarak terdekat) di langit. Fenomena ini terjadi saat Bulan berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi.

Supermoon merupakan suatu kondisi yang menggambarkan keadaan bulan penuh ketika bulan berada dalam posisi terdekatnya dengan bumi. Ketika fenomena ini terjadi, bulan nampak lebih besar dan lebih terang, meskipun perubahan jaraknya hanya beberapa kilometer.

Profesor Riset Astronomi Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin, mengatakan, ini kaitannya dengan jarak terdekat Bulan dengan Bumi. Bulan terlihat lebih besar dari biasanya, namun agak susah untuk membedakannya.

Dia menjelaskan, jarak rata-rata Bulan dengan Bumi adalah 384.000 km. Nah, pada saat supermoon terjadi, jarak Bulan dengan Bumi sekitar 357.000 km. Sehingga pada saat fenomena terjadi, jarak bulan lebih dekat 27 ribu km dari jarak rata-ratanya.

Kalau jarak terdekat dengan Bumi, sebenarnya setiap bulan dalam setahun juga terjadi. Tetapi ketika berada di jarak terdekatnya sedang dalam kondisi purnama tidak selalu terjadi, terangnya.

Dari sisi istilah sendiri, dalam ilmu astrologi supermoon dikaitkan dengan potensi bencana. Karena biasanya pengaruh dari fenomena supermoon ini di bumi akan diikuti dengan kenaikan air pasang atau naiknya air permukaan laut di beberapa daerah. Namun secara astronomi tidak terlalu istimewa karena merupakan hal yang wajar terjadi.

Menurut Space.com (30/4), supermoon pada 5 Mei 2012 lalu merupakan jarak bulan dengan Bumi yang paling dekat di tahun 2012 ini. Saat peristiwa terjadi Bulan akan lebih besar dan lebih terang hingga 16 persen dari rata-rata. [riza]
BERIKAN KOMENTAR ()