Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Bintang Terbesar di Alam Semesta, NML Cygni, Bukan VY Canis Majoris

Bintang Terbesar di Alam Semesta, NML Cygni, Bukan VY Canis Majoris


Info Astronomy — NML Cygni atau V1489 Cygni adalah bintang hypergiant merah dan bintang terbesar yang diketahui saat ini, sekitar 1.650 kali dari matahari atau memiliki radius 7.67 AU.

Bintang ini termasuk salah satu bintang maharaksasa bercahaya. Diperkirakan memiliki jarak dari Bumi sekitar 1,6kpc, atau sekitar 5.300 tahun cahaya. Bintang ini memiliki lingkungan yang berdebu di sekitarnya dan debu itu menunjukkan suatu nebula berbentuk asimetris yang bertepatan dengan distribusi Uap Maser H2O.

NML Cygni adalah bintang variabel semiregular dengan masa periode sekitar 940 hari. NML Cygni adalah bagian dari gugus bintang Cygnus. Gugus bintang Cygnus mencakup hampir 2° langit, atau ~ 30 pc dalam radius pada jarak 1,74 ± 0,2 kpc, sehingga merupakan salah satu gugus bintang besar terdekat dengan Matahari. Bintang ini memiliki tingkat massa diperkirakan sekitar 2 × 10 - 4M ⊙ yr -1. Dan paralaks tahunan bintang ini diukur menjadi sekitar 0,62 mili - arc - detik.

Luminositas bolometric (Lbol) untuk bintang ini dekat 3 × 105 L ☉. Besar bolometric nya (Mbol) adalah sekitar -9,0. Membuatnya menjadi salah satu bintang paling terang berukuran hypergiant melebihi bintang terbesar sebelumnya, VY Canis Majoris, yang dingin.

Bintang ini ditemukan pada tahun 1965, oleh Neugebauer, Martz dan Leighton. Penamaan NML berasal dari nama ketiga penemunya. Dari pengamatan, diperkirakan bahwa bintang ini memiliki debu dan molekul. Bintang ini memiliki salah satu tingkat massa terbesar yang diperkirakan sekitar 2 × 10-4 M ☉ per tahun. Debu terbentuk karena kecepatan pasca angin kencang dan tingkat massa emisi tinggi. Kecepatan anginnya diperkirakan sekitar 23 km/s. Karena lokasinya yang unik di dalam Bima Sakti bintang ini tidak mendominasi lingkungan lokal antarbintang.

NML Cygni adalah bintang maharaksasa yang kaya oksigen. Komposisinya mulai terungkap dengan ditemukannya Maser OH (1612 MHz) pada tahun 1968 (Wilson dan Barrett). Kehadiran molekul seperti H2O, SiO, CO, HCN, CS, SO, SO2 dan H2S juga terungkap dalam tahun yang sama. [wikipedia]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.