Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Bintang Eta Carinae Siap Meledak Sebagai Supernova

Bintang Eta Carinae Siap Meledak Sebagai Supernova


Info Astronomy — Eta Carinae (η Carinae atau η Car) adalah bintang raksasa yang sebening kristal, yang jaraknya lebih dari 8.000 tahun cahaya dari sistem tata surya kita. Bintang ini pertama kali dikatalog oleh Edmond Halley pada tahun 1677, sebagai bintang terbesar keempat.

Eta Carinae adalah salah satu bintang yang paling masif di Bima Sakti dan akan segera meledak (sekitar 1 juta tahun lagi) menjadi sebuah supernova sebelum akhirnya mengerut dan membentuk sebuah lubang hitam.

Sebagai bintang besar seperti diharapkan memiliki masa hidup yang relatif singkat sekitar 1 juta tahun. Akan tetapi sama seperti pepatah “mati satu tumbuh seribu”, itulah mungkin yang terjadi di tata surya kita, karena kabut gas dan debu raksasa di Nebula Eagle (juga disebut M16) adalah tempat di mana lahirnya bintang-bintang baru di tata surya kita ini.

Ketika bintang ini meledak, tidak akan ada efeknya bagi Bumi karena jaraknya sangat jauh. [lailani]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.