Badan Antariksa Malaysia: Kegelapan Total Adalah Bohong

Info Astronomy — Badan Antariksa Malaysia (ANGKASA) menyangkal bahwa kegelapan total 23 sampai dengan 25 Desember 2012 adalah berita bohong atau isapan jempol belaka.

ANGKASA di bawah Kementerian Sains, Teknologi dan Inovasi Malaysia membuat pembetulan kenyataan dari sudut sains berhubung dengan blog-blog dan artikel-artikel berkenaan Bumi Akan Gelap Pada 23, 24 dan 25 Desember 2012.

Jika di Indonesia diberitakan bahwa planet-planet Tata Surya akan sejajar, di Malaysia justru lebih aneh dan tidak masuk akal.

Dikutip infoastronomy.uni.me dari laman blog orang Malaysia, diberitakan jika Bumi, Matahari, dan pusat Galaksi Bima Sakti akan sejajar dan akan ada awan-awan debu gelap nan hitam yang akan menutupi pencahayaan sinar matahari ke Bumi.

Karena hal di atas, ANGKASA menyangkal bahwa berita di atas adalah tidak benar karena: Pusat Galaksi terlalu jauh dari Bumi dan Matahari (165 quadrillion), jadi kesan tarikan gravitasi adalah terlalu kecil. Awan-awan debu gelap yang menghalang penglihatan kita ke arah pusat Galaksi bukannya menghalangi Matahari daripada dilihat dari Bumi. Terdapat juga video You Tube oleh pihak NASA yang telah disalahguna oleh pihak tertentu yang telah memanipulasi video tersebut dengan artikel "Bumi Akan Bergelap Pada 23, 24 Dan 25 Disember 2012".

Malaysia saja bisa paham dengan bohongnya berita hoax tersebut, kenapa Indonesia tidak? [riza]