Asteroid Toutatis Akan Mendekati Bumi Hari Ini

Info Astronomy — Asteroid besar akan melintasi Bumi siang ini pukul 13.40 WIB, dan Anda dapat menontonnya secara online dari komputer Anda.

Jarak terdekat asteroid Toutatis 4179 dengan Bumi sekitar 3 mil (5 kilometer), dan akan mendekat 4.3 juta mil (7 juta kilometer) dari Bumi selama ia melintas di Rabu siang (12 Desember). Jarak ini sangat jauh untuk menghasilkan tabrakan, tetapi cukup baik untuk pengamatan yang sempurna dengan teleskop.

Beberapa teleskop akan mengikuti pergerakan asteroid ini. Kamera Antariksa Slooh dan Proyek Virtual Teleskop, sebagai contoh, keduanya akan membuat live streaming.

Slooh akan merekam Toutatis dari teleskop di Pulau Canary di barat Afrika. Dimulai pada 3 p.m. EST (2000 GMT) kemarin. Yang lainnya akan menyiarkan pada 10 p.m. EST siang ini (0300 GMT). Anda dapat menontonnya di situs web Slooh: klik di sini.

Di saat yang sama, Proyek Virtual Teleskop — yang dilaksanakan oleh Gianluca Masi dari Bellatrix Astronomical Observatory di Italia — akan memulai siaran pada Kamis (13 Desember) pada 3 p.m. EST (2000 GMT). Anda dapat melihat video streamingnya di: klik di sini. [riza]