Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Asteroid Baru yang Mendekati Bumi Melalui Orbit Bulan

Asteroid Baru yang Mendekati Bumi Melalui Orbit Bulan


Info Astronomy — Sebuah asteroid baru ditemukan di dekat bumi, dia berada antara planet kita dan bulan hanya dua hari setelah para astronom pertama kali melihat hal itu. Asteroid dekat Bumi itu adalah asteroid 2012 XE54, yang ditemukan Minggu (9 Desember), datang dalam jarak 140.000 mil (230.000 kilometer) dari planet kita sekitar 5 am EST (1000 GMT) Selasa (11 Desember), kata para peneliti. Sebagai perbandingan, bulan mengorbit bumi pada jarak rata-rata 240.000 mil atau lebih (386.000 km).

Para astronom memperkirakan bahwa lebar Asteroid 2012 XE54 adalah sekitar 120 kaki (36 meter). Cukup untuk menyebabkan kerusakan besar jika suatu hari nanti jatuh ke bumi. Sebuah objek dengan ukuran hampir sama yang menghanguskan 800 mil persegi (2.000 km persegi) hutan ketika meledak di atas Sungai Siberia Podkamennaya Tunguska pada tahun 1908.

Asteroid 2012 XE54 juga melewati bayangan Bumi beberapa jam sebelum pendekatan terdekat, menghasilkan sebuah gerhana di permukaan batu ruang angkasa, kata para peneliti.

"Gerhana Asteroid selama pendekatan dengan Bumi relatif jarang," tulis astronom Pasquale Tricarico, dari Institut Planetary Science di Tucson, Arizona, dalam sebuah blog posting Senin (10 Desember).

Ini kasus pertama yang diketahui, Tricarico menambahkan,"asteroid 2008 TC3 saat gerhana hanya satu jam sebelum memasuki atmosfer bumi di atas Sudan pada tahun 2008, dan asteroid 2.012 KT42 mengalami gerhana baik dan transit selama melewati Bumi pada tahun 2012 yang sama."

Asteroid 2012 XE54 akan datang kembali mendekati orbit bumi membutuhkan waktu yang lama.Asteroid menyelesaikan satu putaran mengelilingi matahari setiap 2,72 tahun.

Para ilmuwan memperkirakan sampai saat ini ada 9 ribu Asteroid yang akan mendekati bumi,tapi mungkin satu juta atau lebih batuan ruang angkasa tersebut diperkirakan ada.

Dan beberapa dari mereka yang berpotensi berbahaya. Pengamatan oleh teleskop ruang angkasa WISE milik NASA menunjukkan bahwa sekitar 4.700 asteroid setidaknya memiliki lebar 330 kaki (100 m) datang mendekati planet kita di beberapa titik dalam orbitnya.

Sejauh ini, para peneliti telah melihat ada sekitar 30 persen dari batuan ruang angkasa yang besar, yang bisa melenyapkan area seluas negara jika mereka menabrak Bumi.

Tapi ada asteroid yang jauh lebih besar di luar sana, seperti 4179 Toutatis,memiliki lebar 3 mil (5 km) raksasa yang dalam proses mendekati Bumi sekarang.Toutatis akan tetap berada pada jarak 4,3 juta mil (7 juta km) selama pendekatan terdekat Rabu pagi, tetapi mungkin akan lebih dekat lagi saat mendekati bumi di masa mendatang.

Toutatis akan menimbulkan kerusakan dahsyat jika menabrak Bumi, mungkin bisa melenyapkan peradaban manusia. Asteroid yang sama diperkirakan telah membunuh dinosaurus 65 juta tahun yang lalu yang memiliki lebar sekitar 6 mil (10 km) , kata peneliti. [space]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.