Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

21/12/12, Inilah Fenomena Astronomi yang Akan Terjadi

21/12/12, Inilah Fenomena Astronomi yang Akan Terjadi


Info Astronomy — Besok adalah tanggal yang ditunggu-tunggu oleh dunia. Khususnya yang percaya ramalan kiamat 2012. Sebenarnya apa, sih, yang terjadi pada 21/12/12 dalam astronomi? Simak penjabaran berikut.

Akan ada Solstis Desember

Solstis Desember disebut juga Titik Balik Matahari Desember, titik balik matahari adalah fenomena biasa yang menandai pergantian musim tiap tahun. Titik balik matahari Desember terjadi ketika matahari mencapai deklinasi paling selatan yaitu -23,5 derajat. Dengan kata lain, itu adalah ketika Kutub Utara dimiringkan 23,5 derajat jauh dari matahari. Tergantung pada kalender Gregorian, titik balik matahari Desember terjadi setiap tahun pada 21 Desember. Pada tanggal ini, semua tempat di atas 66,5 derajat lintang utara (Arctic Polar Circle) sekarang dalam kegelapan (yang berada di kutub utara saja), sementara lokasi di bawah 66,5 derajat lintang selatan (Antartika Polar Circle) menerima 24 jam siang hari (yang berada di kutub selatan saja).

Matahari tepat di atas kepala di Tropic of Capricorn di belahan bumi selatan selama titik balik matahari Desember. Hal ini juga menandai hari terpanjang tahun dalam hal siang hari bagi mereka yang hidup dari selatan khatulistiwa (termasuk Indonesia). Mereka tinggal atau bepergian selatan dari Lingkaran Antartika menuju Kutub Selatan akan melihat matahari tengah malam selama 1 tahun.

Sebaliknya, bagi pengamat di belahan bumi utara, titik balik matahari Desember menandai hari tahun dengan jam paling siang hari. Mereka tinggal atau melakukan perjalanan utara Lingkaran Arktik menuju Kutub Utara tidak akan dapat melihat matahari selama 1 tahun.

Akan ada Transit Venus di Matahari jika dilihat dari Planet Saturnus

Transit Venus akan bisa diamati lagi, tapi sayangnya jika ingin mengamati fenomena ini kita harus ke planet Saturnus dahulu. Matahari-Venus-Saturnus akan berada pada 1 garis lurus. Berikut ilustrasi Transit Venus jika dilihat dari Saturnus:



Jadi, sudah tahu apa saja yang akan terjadi besok? Tidak perlu cemas dan khawatir. [riza]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.