Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

12-12-12, Inilah yang Akan Terjadi

12-12-12, Inilah yang Akan Terjadi
Info Astronomy — Menjelang tanggal 12 Desember 2012, banyak yang khawatir masih berkaitan tentang kiamat 2012. Katanya kiamat tanggal 21? Kok panik?

Di artikel ini, infoastronomy.uni.me akan menjelaskan apa saja yang akan terjadi pada 12-12-12 dalam fenomena Astronomy.

1. Asteroid Melintas

Asteroid bernama Toustatis akan melintasi Bumi pada 12-12-12 pukul 13.40 WIB. Asteroid ini berdaya ledak 84 kali bom hirosima. Dikabarkan jika ia sampai 'menyenggol' Bumi bakal mengoyak titik tumbuknya menjadi kawah selebar 39 km dengan akumulasi panas mampu membakar obyek sejauh 700 km. Sementara itu, gelombang kejutnya mampu memorak-porandakan kawasan seluas 5,6 juta km persegi tanpa ampun. Jika Toutatis jatuh di lautan, terbentuk mega-tsunami yang demikian masif sehingga pada jarak 10.000 km dari titik tumbuknya, gelombangnya masih setinggi 36 meter (periode 260 detik) yang menjalar secepat 200 km/jam.

2. Hujan Meteor Geminid

Hujan Meteor merupakan fenomena yang biasa terjadi setiap bulannya. Bulan Desember ini akan ada Hujan Meteor Geminid yang berlangsung di konstelasi Gemini. Hujan Meteor Geminid adalah hujan meteor yang intensitasnya bisa dibilang banyak. Diprediksikan akan ada 120 meteor yang melintas setiap jamnya saat puncak. Puncaknya sendiri akan bisa mulai diamati di langit timur pada pukul 21.00 WIB tanggal 12 Desember 2012.

3. Jarak Terdekat Antara Bumi dan Bulan

Pada tanggal itu, Bulan akan berjarak 356.577 kilometer dari Bumi. Sebelumnya, jarak terdekat Bulan ke Bumi adalah 363.104 kilometer. Jarak terdekat Bulan ke Bumi ini dikenal dengan nama “lunar perigee”. Pada saat ini, Bulan akan tampak lebih besar daripada biasanya. Kebalikan dari lunar perigee adalah lunar apogee. Pada saat itu, Bulan berada pada jarak paling jauh dengan Bumi. Pada saat perigee, Bulan tampak lebih besar sekitar 14 persen dibandingkan pada saat apogee.

Itulah apa saja yang akan terjadi pada 12-12-12. Tidak ada yang mengetahui kapan datangnya Kiamat, hanya Yang Maha Mengetahiu lah yang tahu akan hal itu. Kita sebagi ciptaan-Nya seharusnya memperkuat iman kita, bukan malah menghancurkan iman orang lain. [riza]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.