Titan Adalah Satelit Alam Yang Istimewa

DARI 59 satelit alami yang dimiliki Planet Saturnus, satelit terbesarnya, Titan, ternyata memiliki keistimewaan. Di permukaannya yang berukuran lebih besar daripada Planet Merkurius itu ternyata terdapat lautan.

Hal tersebut dilaporkan para peneliti, dalam jurnal Science. Mereka berujar terdapat indikasi kuat bahwa Titan memiliki laut asin di bawah permukaan udaranya yang dingin.

Jika benar, Titan tentu akan menjadi satelit yang masuk kategori istimewa dalam tata surya. Karena menjadi satelit yang mengandung air, senyawa penting bagi kehidupan.

Gabriel Tobie dari Universitas Nantes di Prancis menyatakan, hasil penelitian ini terlihat meyakinkan. "Jika analisis ini benar, ini adalah penemuan yang sangat penting," kata Tobie melalui e-mail.

Ilmuwan mendapatkan data dari pesawat ruang angkasa Cassini yang yang terbang di atas Titan sebanyak enam kali antara 2006 dan tahun lalu. Pesawat itu juga mengambil pengukuran gravitasi secara sekilas.

Mereka menemukan ukuran Titan terlihat mengecil dan membesar bergantung pada orbitnya di sekitar Saturnus. Ini menunjukkan adanya laut yang tersembunyi. Karena, jika Titan dipadati batuan dan es, deformasi tersebut tidak akan terjadi.

Sebelumnya, menurut hasil observasi, Titan memang memiliki oase cairan metana yang terhampar di bawah permukaan bulan tersebut. Telah lama pula ada spekulasi bahwa Titan mengandung cairan tersembunyi di lapisannya.

Dugaan tersebut didasarkan pada model matematika dan pengukuran medan listrik yang dibuat oleh pesawat ruang angkasa Huygens pada 2005.

Bukti terakhir memang belum meyakinkan, tetapi para ilmuwan mengatakan itu merupakan hasil terbaik yang bisa didapatkan pesawat antariksa tersebut.

Adapun Saturnus memiliki 59 satelit alami, 48 di antaranya memiliki nama. Satelit yang berukuran cukup besar di antaranya Titan, Rhea, Iapetus, Dione, Tethys, Enceladus, dan Mimas. Titan adalah satelit terbesar dan satu-satunya satelit yang memiliki atmosfer yang tebal. (InfoAstronomy/Metrotvnews)