Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Teori-teori Ilmiah Pembentukan Bulan

Teori-teori Ilmiah Pembentukan Bulan


Info Astronomy — Banyak teori yang menjelaskan tentang asal usul terbentuknya bulan, namun tidak semuanya dapat diterima. Berbagai teori telah diusulkan untuk pembentukan Bulan.

Berikut teori ini terdaftar bersama dengan alasannya:

Teori Fisi

Teori ini mengusulkan bahwa Bulan pernah bagian dari bumi dan entah bagaimana terpisah dari bumi pada awal sejarah tata surya. Cekungan Samudra Pasifik ini adalah bukti yang paling populer untuk bagian bumi yang hilang. Teori ini didasarkan karena komposisi Bulan menyerupai mantel bumi dan Bumi yang berputar cepat bisa membuang lapisan luar bulan. Namun, sistem Bumi-Bulan tidak menunjukkan adanya petunjuk tentang putaran cepat tersebut.

Teori Capture

Teori ini mengusulkan bahwa Bulan terbentuk di tempat lain dalam tata surya, dan kemudian ditangkap oleh medan gravitasi bumi. Komposisi kimia yang berbeda Bulan ini dapat dijelaskan jika terbentuk di tempat lain dalam tata surya, namun, menangkap ke orbit Bulan sangat tidak mungkin. Sesuatu harus memperlambatnya hanya dengan jumlah yang tepat pada waktu yang tepat, dan ilmuwan enggan untuk percaya pada teori ini.

Teori Kondensasi

Teori ini mengusulkan bahwa Bulan dan Bumi kental secara individual dari nebula yang membentuk tata surya, dengan Bulan terbentuk di orbit sekitar Bumi. Namun, jika Bulan terbentuk di sekitar Bumi maka ia harus memiliki komposisi hampir sama dengan bumi. Secara khusus, harus memiliki inti besi yang signifikan, tapi ternyata tidak.

Ada satu teori yang masih harus dibahas dan diterima secara luas hari ini yaitu The Giant Impactor Theory (The Ejected Ring Theory). Teori ini menyatakan bahwa planetesimal (atau planet kecil) ukuran Mars menghantam Bumi sesaat setelah pembentukan tata surya, mendepak besar volume material dipanaskan dari lapisan luar kedua benda. Sebuah piringan yang berisikan materi penyusun mulai terbentuk berputar, dan hal ini akhirnya terjebak bersama-sama untuk membentuk bulan di orbit sekitar Bumi. Teori ini dapat menjelaskan mengapa Bulan sebagian besar terbuat dari batu dan bagaimana batu itu terlalu panas. Selanjutnya, kita lihat bukti di banyak tempat di tata surya yang tabrakan seperti itu umum terlambat dalam tahap pembentukan tata surya. Hal itu terjadi pada 4.45 miliar tahun yang lalu, saat bumi masih muda dan permukaan bumi tidak sepadat sekarang. [irma]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.