Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

'Super-Jupiter' Ditemukan di Tata Surya Kecil

'Super-Jupiter' Ditemukan di Tata Surya Kecil


Astronom menemukan planet yang 13 kali lebih besar dari Jupiter, planet termassif di tata surya kita. Planet tersebut mengorbit sebuah bintang bernama Kappa Andromedae yang massanya 2.5 kali lebih besar dari matahari, bintang itu terletak 170 tahun cahaya dari Bumi.

Para astronom mengatakan ukurannya yang besar objek tersebut diletakkan tepat di tepi klasifikasi planet raksasa dan jenis bintang gagal yang dikenal sebagai katai coklat. Nama resminya adalah Kappa Andromedae b, atau Kappa b, dan kemungkinan memiliki cahaya kemerahan, kata para peneliti.

Planet Jupiter-Super adalah planet ke-850 yang diketahui diluar tata surya. Planet itu diamati oleh teleskop Subaru Jepang yang terletak pada puncak Mauna Kea, di Hawaii, oleh Joseph Carson (College of Charleston dan Max Planck Institute for Astronomy).

Kappa Dan b mengorbit bintangnya pada jarak yang diproyeksikan 55 kali jarak rata-rata Bumi dari matahari dan sekitar 1,8 kali jarak Neptunus dengan matahari, jarak yang sebenarnya tergantung pada bagaimana sistem yang berorientasi pada garis pandang kita, yang tidak diketahui secara tepat. Objek memiliki suhu sekitar 2.600 derajat Fahrenheit (1.400 derajat celcius) dan akan tampak merah terang jika dilihat dari dekat oleh mata manusia. [infoAstronomy]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.