Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Seberapa Jauhkah Planet Saturnus?



Planet terjauh yang dapat diamati dengan mata telanjang, Saturnus adalah planet keenam di tata surya. Jarak Saturnus dari Bumi kita adalah 746 juta mil atau sama dengan 1,2 miliar kilometer.

Kira-kira jarak Saturnus dengan Bumi juga sama dengan 8x jarak antara Bumi dengan Matahari. Saturnus mengorbit matahari selama kurang lebih 29.5 tahun di Bumi.

Seperti halnya planet lain di tata surya, planet Saturnus melewati garis orbit yang berbentuk elips. Saturnus rata-rata berjarak 886 juta mil atau sama dengan 1,4 milir kilometer dari Matahari. Jarak terjauh dengan matahari sekitar 934 juta mil atau 1,5 miliar kilometer sedangkan jarak terdekatnya "hanya" 839 juta mil atau 1,4 miliar kilometer.

Pioneer 11 dioperasikan pertama kali untuk mengamati Saturnus. Diluncurkan pada April 1973 dan 6 tahun kemudian baru sampai di Saturnus (September 1979). [infoAstronomy]
Dukung kami untuk terus aktif
Merasa artikel ini bermanfaat untuk kamu? Mau kami bisa terus menerbitkan artikel astronomi bermanfaat lainnya? Kami butuh dukunganmu!

Beri Dukungan

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.