Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Rotasi Planet Venus Melambat Setiap Harinya

Rotasi Planet Venus Melambat Setiap Harinya


Info Astronomy — ESA mengatakan para ilmuwan menemukannya ketika berusaha mencocokkan peta baru yang diambil baru-baru ini oleh pesawat Venus Express, dengan gambar yang diambil kira-kira 16 tahun lalu oleh pesawat pengorbit Magellan NASA.

Para peneliti memperhatikan gambar yang diambil Venus Express menunjukkan bahwa beberapa benda di Venus sampai 20 kilometer jauhya dari letak yang mereka perkirakan sebelumnya, kalau laju putaran planet itu sama dengan ketika Magellan mengambil gambarnya. Para ilmuwan mengatakan peta Venus Express dan peta Magellan cocok ketika mereka menambahkan 6,5 menit pada panjang satu hari Venus.

ESA mengatakan fenomena itu memerlukan penelitian lebih jauh. Sebagai planet kedua terdekat ke Matahari, Venus terletak antara orbit planet Merkurius dan Bumi.

Venus yang juga memiliki rotasi terbalik diduga ada benda kosmik besar (seukuran mars) yang pernah menabrak venus hingga menyebabkan planet ini terbalik arah rotasinya.

Jadi awalnya, arah rotasi venus sama seperti bumi dan planet lainnya, tetapi akibat tabrakan itu ia jadi terbalik (kutub utaranya jadi "ke bawah"). Hal ini sama dengan dugaan alasan kenapa uranus kutub rotasinya bersudut 90 derajat dari bidang revolusinya.

Benda yang menabrak itu juga menyebabkan rotasi venus menjadi sangat lambat, periode rotasi 1 harinya sama dengan 243 hari bumi. [VOA]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.