Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Postingan

Pergerakan Pasir di Mars Mirip Seperti di Bumi

Pergerakan Pasir di Mars Mirip Seperti di Bumi


Info Astronomy — Gerakan dan pergeseran pasir Planet Mars ternyata sama seperti pasir di Bumi. Peristiwa ini terekam oleh teknologi angkasa milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) yaitu Mars Reconnaissance Orbiter. Yang mengejutkan dari peristiwa bergeser dan bergeraknya pasir Planet Mars ini adalah tidak sesuai dengan kondisi cuaca di Mars.

Seperti diketahui bahwa kondisi cuaca dan atmosfer planet merah itu tidak memungkinkan dapat menggerakkan pasir seperti itu.

Atmosfer yang dimiliki Planet Mars jauh lebih lebih tipis dari Bumi. Sementara kecepatan angin di Mars juga tidak lebih kuat dan sering bila dibandingkan dengan di bumi. Yang aneh adalah pergerakan pasir di Mars tersebut hampir sama dengan pergerakan pasir di Bumi.

High Resolution Imaging Science Experiment (HiRISE) yang terdapat di Mars Reconnaissance Orbiter berhasil merekam pergerakan pasir tersebut. Menurut jurnal Nature yang dirilis pada Rabu (9/5), gundukan pasir yang terekam mempunyai ketebalan 61 meter serta bergeser sejajar dengan permukaan Planet Mars.

Penemuan yang mengejutkan ini diprediksi akan membantu para ilmuwan untuk memahami perubahan kondisi dan situasi Planet Mars pada skala global. Di samping itu, pemahaman terhadap fakta bahwa permukaan Mars yang bergerak dinamis akan menjadi bahan informasi penting dalam perencanaan eksplorasi dan penelitian Planet Mars, baik akan menggunakan robot ataupun misi dengan mengirimkan manusia.

Para ilmuwan telah menganalisis terhadap foto-foto yang diambil pada tahun 2007 dan 2010 di area Nili Patera, yaitu gundukan pasir yang terletak dekat garis khatulistiwa Mars. Dengan menghitung gerak lapisan, diambil kesimpulkan bila tumpukan pasir tersebut adalah benar bergerak. Gerakan ini kemudian memungkinkan dilakukannya pengukuran volume dan aliran pergerakan pasir.

Dipilihnya area Nili Patera dikarenakan telah diketahui adanya pergerakan pasir di sana yang bisa diukur. Gundukan pasir di area tersebut juga mirip dengan gundukan di Antartika dan lokasi-lokasi lain di Mars.

Hasil penelitian ini akan memperkaya khasanah informasi tentang pengikisan batu oleh pasir di Planet Mars. Dengan memperhitungkan volume pasir yang terus bergerak, para peneliti telah memperkirakan bahwa bebatuan di Nili Patera akan tergerus seperti bebatuan di Antartika. [antariksainfo]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.