Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

NGC 2736: Nebula Pensil

NGC 2736: Nebula Pensil


Gelombang kejut ini menembus ruang angkasa dengan kecepatan lebih dari 500,000 kilometer per jam. Bergerak ke bawah dari komposit warna detail yang indah ini,  jalinan filamen-filamen tipis tersebut sebenarnya adalah riak panjang pada selembar gas bercahaya yang terlihat seperti tepian. 

Dikatalogkan sebagai NGC 2736, penampilannya yang berukuran sempit menunjukkan nama populernya, yaitu Nebula Pensil.

Sekitar 5 tahun cahaya panjangnya dan hanya 800 tahun cahaya jauhnya, Pensil Nebula hanyalah sebagian kecil dari sisa supernova Vela. Sisa-sisa Vela sendiri berdiameter sekitar 100 tahun cahaya dan merupakan perluasan puing-puing awan dari bintang yang terlihat meledak sekitar 11,000 tahun yang lalu. Pada mulanya, gelombang kejut ini bergerak dengan kecepatan jutaan kilometer per jam akan tetapi kini melambat secara signikan, menyapu gas antar bintang di sekitarnya. [infoAstronomy/apodid]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.