Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Inti Bulan Mirip Inti Planet Bumi



Para ilmuwan mencoba menganalisis data yang dikumpulkan dari permukaan bulan pada tahun 1969 sampai 1972, pada saat misi Apollo. Data dianalisis menggunakan perangkat yang biasa dipakai untuk melakukan analisis terhadap seismik Bumi.

Penemuan ini mengonfirmasi adanya inti bulan yang solid yang dikelilingi oleh lapisan yang berupa cairan. Akan tetapi, tidak seperti bumi, bulan memiliki lapisan lembek di atas bagian cair.

Kemiripan ini mendukung teori kalau bulan terbentuk setelah ada objek besar menabrak bumi 4 miliar tahun yang lalu. Hasil tabrakan itu menciptakan awan yang terbentuk dari puing-puing. Secara perlahan, puing-puing itu bersatu dan membentuk satelit bagi Bumi. Itulah bulan.

Bulan memiliki inti selebar 240 kilometer. Inti itu dikelilingi oleh lapisan cairan selebar 90 kilometer dan lapisan lembek selebar 150 kilometer. Renee Webber dari Marshall Space FlightCenter, NASA, berharap mendapatkan data yang lebih detail mengenai lapisan bulan dengan menganalisis data seismik dari Apollo. Dua satelit yang akan dikirim ke bulan juga diharapkan bisa melakukan verifikasi terhadap hasil penelitian ini. [infoAstronomy.co.cc]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.