Galaksi Ini Bersinar Bagai Kunang-kunang di Luar Angkasa

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat NASA merilis citra galaksi yang bersinar bagai kunang-kunang pada Jumat (16/11/2012). Salah satu galaksi yang berhasil ditangkap, ditunjukkan pada bagian atas gambar, adalah galaksi 4C 73.08.

Sementara, galaksi spiral lain yang teramati dari atas tampak di bagian bawah. Dan galaksi yang teramati dari samping juga menghiasi sisi lain. Galaksi 4C 73.08 adalah salah satu galaksi yang tampak sangat jelas dalam citra itu. Dengan pengamatan cahaya optik dan inframerah, galaksi itu tak tampak begitu jelas. Lubang hitam di pusat galaksi yang memakan adalah sumber dari cahaya galaksi itu.

Astronom mengungkapkan, pengamatan gaklaksi dengan beragam panjang gelombang penting untuk mempelajari karakteristiknya. Pengamatan 4C 73.08 dengan cahaya tampak bisa mengungkap struktur galaksi, bintang penyusunnya dan umur galaksi itu sendiri.

Berdasarkan rilis NASA, 4C 73.08 lebih merah dari galaksi lainnya. Warna merah galaksi berasal dari adanya bintang-bintang tua yang menghuni galaksi itu. Warna merah sekaligus menunjukkan bahwa galaksi itu sendiri lebih tua dari galaksi sekitarnya yang berwarna kebiruan.

Citra kunang-kunang galaksi itu ditangkap dengan instrumen Wide Field Camera 3 pada Teleskop Antariksa Hubble menggunakan dua filter, satu ditangkap dengan cahaya hijau sementara lainnya dengan cahaya merah dan dekat inframerah. [infoAstronomy/kompas]