'Bulan-Mini' Akan Teramati Besok Pagi

Info Astronomy — Ya, besok pagi mulai pukul 3.45 waktu setempat bisa diamati di ufuk timur 2 planet tata surya akan berdekatan. Mereka adalah Venus dan Saturnus. Venus akan berada di 0.5 derajat di selatan Saturnus, karena kedekatannya ini mereka akan bercahaya (memantulkan cahaya matahari) secemerlang bulan purnama.

Fenomena ini bisa disebut 'Bulan-Mini', cemerlang bagai Bulan tapi ukurannya kecil. Walaupun kita tahu planet Saturnus lebih besar dari Bumi, tapi jika dilihat dari Bumi hanya semacam titik bersinar saking jauhnya.

Venus akan terlihat lebih bersinar dibandingkan Saturnus karena Venus jaraknya 'tidak jauh' dari Bumi. Penampakkan mereka dapat kita semua amati tanpa alat bantu seperti teleskop dan semacamnya. Ini akan berlangsung selama 80 menit dari pukul 3.45 waktu setempat.

Pada 21 Desember nanti, akan terjadi Transit Venus yang bisa diamati dari Saturnus. Fenomena ini sama dengan Transit Venus di Bumi pada 6 Juni 2012 lalu. Matahari-Venus-Saturnus akan berada pada satu garis lurus. Di Bumi, kita bisa mengamati kedua planet tersebut akan berkonjungsi di langit timur pada pagi hari. [riza]