Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Bulan Desember Ada "Parade" Planet



Parade Planet maksudnya adalah akan ada 4 planet tata surya (Merkurius, Venus, Jupiter, dan Saturnus) yang 'beriringan' melintasi langit malam bumi dan bisa dilihat dengan mata telanjang (kecuali Uranus dan Neptunus) mulai tanggal 1 sampai dengan 27 Desember 2012. Seluruh wilayah bumi dapat mengamati 'parade' ini termasuk Indonesia.

Parade ini dimulai pukul 00.00 waktu setempat diwalai dengan Jupiter ditemani Bulan di langit tengah. Lalu disusul 2 planet sekaligus, yakni Satusnus dan Venus di langit timur, waktu pengamatan terbaik kedua planet ini pukul 04.10 waktu setempat. Tidak berselang beberapa lama, muncullah Merkurius di langit timur, waktu pengamatan terbaik planet Merkurius adalah pukul 04.25 waktu setempat. Parade hari pertama ini berakhir pada pukul 05.10 waktu setempat dikarenakan cahaya Matahari akan menyinari langit yang gelap.

Pada hari kedua sampai dengan hari kesepuluh masih tetap sama seperti hari pertama. Hanya saja planet Jupiter, Merkurius, dan Venus akan sedikit tenggelam ke ufuk masing-masing arah langit. Dan di hari kesepuluh juga, Saturnus akan berada di dekat Bulan sabit. Pada hari kesebelas sampai hari ke 27, parade akan sama seperti hari pertama dan Saturnus akan mulai menjauhi Planet Venus dan Planet Merkurius.

Dan di hari terakhir (ke-27) kita akan kesulitan mengamati Planet Merkurius karena ia makin 'tenggelam' dan pada saat ia muncul Mataharipun juga hampir muncul di ufuk timur. [infoAstronomy.co.cc]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.