Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Bintang Lucy, Bintang Berlian Bertriliun-triliun Miliar Karat

Bintang Lucy, Bintang Berlian Bertriliun-triliun Milyar Karat


Info Astronomy — Astronom telah menemukan bintang berlian berisi 10 triliun-triliun miliar karat. Walau jumlah berliannya terkesan bercanda. Mungkin karena saking banyaknya.

Berlian kosmik adalah serangkaian karbon yang mengkristal dengan diamaeter 4.000 kilometer, dengan jarak sekitar 50 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Centaurus. Ini adalah bintang tua seperti matahari yang telah redup dan menyusut.

Para astronom telah memutuskan untuk menamakan bintang ini "Lucy" mirip lagu Beatles, 'Lucy in the Sky With Diamonds'.

"Anda membutuhkan sebuah alat pembesar perhiasan seukuran Matahari untuk berlian sebesar ini," kata astronom Travis Metcalfe, dari Pusat Harvard-Smithsonian untuk Astrofisika, pemimpin tim peneliti yang menemukannya.

Bintang berlian sepenuhnya jauh lebih unggul dari berlian terbesar di Bumi, Golden Jubilee 546 karat, yang dipotong dari batu dan dibawa keluar dari tambang Premier di Afrika Selatan.

Berlian kosmik yang sangat besar - secara teknis dikenal sebagai BPM 37093 - sebenarnya adalah White Dwarf yang mengkristal. White Dwarf adalah inti panas bintang, yang tersisa setelah bintang menggunakan bahan bakar nuklirnya dan mati. White Dwarf sebagian besar terdiri dari karbon.

Selama lebih dari empat dekade, astronom telah berpikir bahwa interior White Dwarf telah mengkristal, tapi bukti langsung didapatkan mungkin baru-baru ini saja.

White Dwarf tidak hanya bersinar tetapi juga cincin seperti gong raksasa yang mengalami pulsations konstan.

"Dengan mengukur pulsations tersebut, kami mampu untuk mempelajari interior tersembunyi dari White Dwarf, seperti pengukuran seismograf gempa bumi yang memungkinkan ahli geologi untuk mempelajari interior bumi. Kami menemukan bahwa karbon interior White Dwarf ini telah menguat dan membentuk berlian terbesar di galaksi," kata Metcalfe.

Astronom berharap Matahari kita akan menjadi White Dwarf ketika mati 5 miliar tahun dari sekarang. Sekitar dua miliar tahun setelah itu, inti bara matahari akan mengkristal juga, meninggalkan berlian raksasa di pusat tata surya.

"Matahari kita akan menjadi sebuah berlian yang benar-benar ada selamanya," kata Metcalfe. [lintas]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.