Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Ayo Amati Hujan Meteor Leonid 17 November 2012



Setelah sebelumnya gerhana matahari total pada 14 November lalu, kali ini giliran hujan meteor yang akan membuat kita takjub. Hujan meteor ini dinamakan Hujan Meteor Leonid.

Nama Leonid diambil dari titik radian hujan meteor ini, yaitu rasi bintang Leo. Titik radian dapat diartikan sebagai lokasi munculnya hujan meteor. Hujan meteor Leonid akan melintas sekitar 10 sampai dengan 15 meteor per jam.

Tahun 2012 ini adalah saat yang tepat untuk mengamati hujan meteor Leonid sebab tidak ada cahaya Bulan yang mengganggu seperti tahun lalu. Hujan meteor Leonid berasal dari serpihan Komet Tempel-Tuttle yang mengorbit matahari setiap 33 tahun.

Hujan meteor Leonid puncaknya terjadi pada pukul 02.00 hari Sabtu, 17 November 2012. Pastikan dahulu langit di atas daerahmu cerah tanpa awan dan polusi udaha maupun polusi cahaya lampu kota. Pengamatan hujan meteor tidak memerlukan teleskop untuk mengamatinya, cukup arahkan pandangan ke titik radian pada puncaknya. [infoAstronomy]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.