Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Astronot Stasiun Luar Angkasa Telah Pulang ke Bumi

Astronot ISS Ekspedisi 33 Telah Kembali Ke Bumi



Seorang awak astronot veteran mewakili Amerika Serikat, Rusia dan Jepang telah kembali ke bumi dengan naik sebuah kapsul Soyuz hari ini (18 November) untuk menyelesaikan sebuah misi empat bulan di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Pesawat ruang angkasa Soyuz bertolak dari stasiun ruang angkasa pada 5:26 pm EST (2126 GMT) melayang 256 mil (412 kilometer) di atas barat laut China. Soyuz mendarat di stepa Asia Tengah Kazakhstan pada 8:53 EST (0153 GMT 19 November) untuk mengembalikan astronot Amerika Sunita Williams dari NASA, kosmonot Rusia Yuri Malenchenko dan Jepang Akihiko Hoshide astronot ke Bumi setelah 127 hari di ruang angkasa.


"Semoga berhasil, guys," kata astronot Amerika Kevin Ford, yang kini memerintahkan Ekspedisi kru 34.

Williams, yang memimpin Ekspedisi keru 33, menyerahkan tugasnya tersebut ke Ford pada Sabtu (17 November). Penyerahan tersebut menandai dimulainya misi Ekspedisi 34 oleh Ford dan kosmonot Rusia Oleg Novitskiy dan Evgeny Tarelkin, yang tiba di stasiun pada akhir Oktober lalu.


Williams, Malenchenko dan Hoshide diluncurkan ke orbit pada pertengahan Juli, dengan Williams menjadi komandan perempuan kedua dari stasiun ruang angkasa ketika ia mengambil alih awal tahun ini. Williams, seorang pelari avid, menjadi berlari triathlon pertama di luar angkasa selama misi, yang juga menampilkan tiga perjalanan luar angkasa dan pengiriman kargo resmi pertama oleh pesawat ruang angkasa Dragon robotik yang dibangun oleh SpaceX perusahaan AS.

Soyuz pesawat ruang angkasa mengangkut Williams dan awak kapal nya kembali ke Bumi untuk meninggalkan orbit pada 07:58 EST (0058 GMT 19 November) dan tanah di Kazakhstan hanya di bawah satu jam kemudian. Ini akan menjadi pendaratan malam pertama pesawat ruang angkasa Soyuz sejak misi Ekspedisi 12 tahun 2006, kata para pejabat NASA. [infoAstronomy]


Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.