Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Yuk Amati Puncak Hujan Meteor Orionids 2012



Bagi Sahabat Astro yang penasaran dengan hujan meteor, jangan lewatkan fenomena hujan meteor Orionids yang akan terjadi selama beberapa hari ke depan.

Puncak hujan meteor diperkirakan bisa dilihat dengan mata telanjang mulai 21 Oktober pukul 22.00 WIB sampai 22 Oktober pukul 01.00 WIB.

Hujan meteor Orionid yang berasal dari rasi Orion ini bisa disaksikan baik dari belahan bumi utara maupun selatan. Jika langit cerah dan gelap, hujan meteor yang merupakan sisa debu komet Halley ini bisa disaksikan tengah malam menjelang subuh, dari arah tenggara.

Dan juga jika langit cerah dan gelap (tanpa cahaya Bulan), puncaknya diperkirakan terjadi sekitar pukul 2 dinihari. Meski begitu, jumlah meteor tidak akan sebanyak hujan meteor Draconid yang bisa mencapai ribuan per jam.

Selain hujan meteor, kita juga dapat mengamati bintang paling terang di alam semesta yang jaraknya 8,7 tahun cahaya dari Bumi, yaitu Sirius, di langit tenggara. Tidak hanya itu, Jupiter, si raksasa gas tata surya juga akan muncul.

Hujan meteor Orionids dapat disaksikan pada H-1, Puncaknya, dan H+1. Asyik, kan? Jangan dilewatkan! (InfoAstronomy)
Dukung kami untuk terus aktif
Merasa artikel ini bermanfaat untuk kamu? Mau kami bisa terus menerbitkan artikel astronomi bermanfaat lainnya? Kami butuh dukunganmu!

Beri Dukungan

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.