Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Meteor Itu Apa, sih?



Meteor adalah penampakan jalur jatuhnya meteoroid (benda langit berupa debu, pasir dan batu kosmik) melintasi atmosfer bumi dan terbakar, kita biasa menyebut sebagai bintang jatuh. Juataan meteor selalu menghantam atmosfer setiap hari dan hangus terbakar, jutaan meteor ini disebut hujan meteor.

Meteor ini terlihat pada ketinggian 40 sampai 120 km diatas permukaan bumi. Penampakan tersebut disebabkan oleh panas yang dihasilkan oleh tekanan ram (bukan oleh gesekan, sebagaimana anggapan umum sebelum ini) pada saat meteoroid memasuki atmosfer.

Meteor yang sangat terang, lebih terang daripada penampakan Planet Venus, dapat disebut sebagai bola api. Bila lebih terang lagi disebut dengan "Bolide".

Meteor melaju dengan kecepatan 70 km/detik. Saat memasuki atmosfer Bumi, kecepatannya di perlambat oleh massa udara menjadi energi dan merubahnya sampai habis. Zat yang mudah menguap berubah menjadi gas dan meninggalkan jejak yang tampak jelas di angkasa.

Adakalanya meteor ini tidak terbakar habis di atmosfer sehingga sisanya jatuh ke Bumi dan biasanya disebut dengan batu meteor meteorit. Biasanya meteor terbakar antara 60-96% di atmosfer. Bumi kita memang diciptakan oleh Tuhan lengkap dengan pelindungnya. (InfoAstronomy/Irma)

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.