Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Lubang Hitam



Lubang Hitam (Black Hole) adalah sebuah pemusatan massa yang cukup besar sehingga menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar. Gravitasi yang sangat besar ini mencegah apapun lolos darinya kecuali melalui perilaku terowongan kuantum.

Tak ada sesuatu, termasuk radiasi elektromagnetik yang dapat lolos dari gravitasinya, bahkan cahaya hanya dapat masuk tetapi tidak dapat keluar, dari sini diperoleh kata "hitam".

Lubang hitam dapat memiliki ukuran apa saja, dari mikroskopik hingga ukuran alam raya. Lubang hitam tercipta ketika suatu objek tidak dapat bertahan dari tekanan gaya gravitasinya sendiri. Lubang utama dari lubang hitam disebut Titik Tidak Terbatas.

Jika masuk ke lubang hitam, badan Anda akan menjadi seperti pasta gigi yang keluar dari dalam kemasan. Atau jika Anda masuk ke lubang hitam, bagian atas kepala Anda akan ditarik paksa hingga terus memanjang, Anda akan menjadi aliran subatomik yang berputar-putar ke dalam lubang hitam, fenomena ini disebut Spaghettification.

"Jadi, Anda akan melihat seruluh sejarah alam semesta secara bersamaan. Dari masa Big Bang hingga masa depan," Ujar Charles Liu, pakar Astrofisika. (InfoAstronomy)

1 komentar

  1. Jadi, kita tetap bisa hidup. Meski masuk ke dalam lubang hitam?
Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.