Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Galaksi NGC 2623 Bergabung




Galaksi NGC 2623 adalah Penggabungan dua galaksi yang menjadi satu. Terlihat berada di tahap akhir dari galaksi merger titanic, pasangannya terletak sekitar 300 juta tahun cahaya ke arah konstelasi Cancer. Pertemuan kekerasan antara dua galaksi yang mungkin telah mirip dengan Bima Sakti telah menghasilkan pembentukan bintang luas dekat intibercahaya dan sepanjang eye-catching ekor pasang surut. Penuh dengan debu, gas, dan muda gugus bintang biru, ekor pasang surut lawan memperpanjang lebih dari 50.000 tahun cahaya dari inti gabungan.  

Kemungkinan dipicu oleh merger, akresi oleh lubang hitam supermasif mendorong kegiatan dalam wilayah nuklir. Pembentukan bintang dan inti galaksi aktif yang membuat NGC 2623 cerah di seluruh spektrum. Ini snapshot kosmik tajam NGC 2623 (alias Arp 243) didasarkan pada data gambar Hubble Arsip Legacy yang juga mengungkapkan galaksi latar belakang lebih jauh tersebar melalui bidang pandang.

(InfoAstronomy)
Gambar Kredit: Hubble Legacy Archive, ESA, NASA; Processing - Martin Pugh

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.