Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

10 Fakta Tentang Planet Neptunus



FAKTA PERTAMA
Bulan Neptunus, Triton, perlahan-lahan semakin dekat dengan Neptunus. Akhirnya, ia akan begitu dekat dan mungkin terkoyak oleh gravitasi Neptunus dan mungkin juga membentuk cincin lebih spektakuler dari Saturnus.

FAKTA KEDUA
Angin terkuat di tata surya telah tercatat di Neptunus, pada kecepatan hingga 2.000 kilometer per jam.

FAKTA KETIGA
Neptunus memiliki bintik hitam mirip Great Red Spot di Jupiter. Ini adalah daerah tekanan atmosfer tinggi yang memaksa awan gas metana tinggi ke atmosfer muncul seperti cirrus (tipis, whispy) awan di Bumi. Namun, tempat ini menghilang dan muncul kembali pada bagian yang berbeda dari planet ini, tidak seperti tempat Jupiter.

FAKTA KEEMPAT
Kadang-kadang Neptunus mengorbit Matahari lebih jauh daripada Pluto sehingga planet yang paling jauh di tata surya. Hal ini kembali ke posisi biasa sebagai planet terjauh kedua dari Matahari pada bulan Desember 1999.

FAKTA KELIMA
Triton orbit Neptunus dalam arah yang berlawanan dengan rotasi planet. Ini adalah bulan terbesar di Tata Surya yang melakukan hal ini.

FAKTA KEENAM
Neptunus memiliki empat cincin. Terdapat cincin yang lebih terang daripada cincin lain dan tampak seperti busur yang mengorbit planet ini. Mungkin mereka masih dalam proses pembentukan.

FAKTA KETUJUH
Sejak penemuannya pada tahun 1846, Neptunus telah menyelesaikan satu orbit penuh dari Matahari. Bahkan, diperlukan 165 tahun untuk planet ini untuk pergi mengelilingi matahari.

FAKTA KEDELAPAN
Neptunus ditemukan ketika para ilmuwan melihat sesuatu yang aneh tentang orbit Uranus ', mereka percaya ada sesuatu yang menarik didalam keindahan uranus. Mereka menghitung posisi planet dan segera setelah itu, ditemukan Neptunus.

FAKTA KESEMBILAN
Suhu terdingin diukur dalam Tata Surya (-237,6 ° C) telah dicatat di bulan Neptunus, Triton.

FAKTA KESEPULUH
Pluto, sebuah planet kerdil yang memiliki orbit yang kadang-kadang melintasi bulan Neptunus, mungkin bulan Neptunus yang lolos dari tarik gravitasi neptunus, tetapi dicegah untuk melarikan diri dari tata surya oleh tarikan Gravitasi Matahari.

(InfoAstronomy/Astronesia)

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.