Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Satelit Explorer 1, Satelit Pertama Buatan Amerika Serikat

Explorer 1 merupakan satelit pertama yang dibuat oleh Amerika Serikat dan diluncurkan ke luar angkasa pada 31 Januari 1958. Ukuran satelit Explorer 1 sekitar dua kali dari besar bola basket.

Peluncuran satelit tersebut dianggap sebagai momen yang sangat penting sebab saat itu Amerika Serikat dan Uni Soviet saling bersaing dalam teknologi luar angkasa (space race). Uni Soviet sendiri berhasil meluncurkan satelit pertama di dunia buatannya yang diberi nama Sputnik 1 pada 4 Oktober 1957.


Satelit Explorer 1 yang diluncurkan dengan menggunakan roket Juno tersebut dilengkapi dengan berbagai macam instrumen seperti detektor sinar kosmik, sensor suhu, mikrofon untuk mendengarkan suara meteorit mikro menabrak satelit dan masih banyak lagi instrumen lainnya.

Satelit Explorer 1 berfungsi normal selama 4 bulan dengan mengirim data ke Bumi, namun kemudian mengalamai gangguan dan berhenti berkomunikasi pada 23 Mei 1958. Satelit tersebut tetap berada di ketinggian selama lebih dari 10 tahun sebelum akhirnya masuk ke atmosfer Bumi pada 31 Maret 1970. Serangkaian penerus dari satelit Explorer 1 yaitu Explorer 2 dan 5 gagal meluncur akibat masalah roket. Sementara Explorer 3 dan 4 berhasil diluncurkan pada tahun 1958. (InfoAstronomy/www.astronomi.us)

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.