Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

NASA Temukan 26 Ekstra Solar Planet Baru



Dua puluh enam planet baru yang berada di luar tata surya (eksoplanet-red), telah ditemukan oleh para ilmuwan NASA. Mereka menemukan planet-planet asing tersebut mengorbit pada bintang di dalam 11 sistem tatasurya baru yang ditemukan lewat teleskop Kepler.

Ukuran eksoplanet tersebut bervariasi, dari yang sedikit lebih besar ketimbang Bumi sampai yang besarnya melebihi Jupiter. Diwartakan Voice of America, Sabtu (28/1/2012), teleskop kepler menemukan planet-planet tersebut setelah mencarinya di antara 150.000 bintang.

Setiap enam sampai 143 hari sekali, planet-planet asing tersebut mengelilingi bintang utama mereka, yang lebih besardari Matahari. Sistem tata surya terbesar di antara temuan tersebut, diberi nama Kepler-33, menjadi rumah bagi lima eksoplanet berukuran mulai dari satu setengah sampai lima kali lipat ukuran Bumi.

"Semuanya berada dalam orbit yang lebih kecil dari orbit bumi mengelilingi Matahari. Jadi planet-planet tersebut akan cukup panas, "kata Hudgins.

Dalam dua tahun sejak Kepler mulai mengamati alam semesta, ilmuwan telah menemukan 61 kandidat eksoplanet dan 2.300 kandidat planet yang perlu diverifikasi melalui pengamatan lebih lanjut.

Kepler mengidentifikasi eksoplanet dengan terus memantau kecerahan bintang yang jauh di dalam bidang sempitnya. Sebuah planet yang mengorbit pada Mataharinya memantulkan bayangan samar yang terdeteksi oleh Kepler.

Pengamatan melalui teleskop menegaskan kandidat planet dengan mengukur sesuatu yang disebut Transit Timing Variations atau TTVs, yang terjadi ketika dua atau lebih planet dalam mengorbit pada bintang mereka dalam sistem tata surya yang ketat.

Menurut Hudgins, tarikan gravitasi dari setiap planet yang lewat menyebabkan satu di antaranya bergerak makin cepat, sementara yang lainnya melambat. Hal ini membantu para astronom mengkonfirmasi pengamatan suatu planet.
"Jika Anda memiliki sesuatu yang hanya mirip sebuah planet, mereka tidak akan berinteraksi. Kenyataan bahwa Anda melihat TTVs menunjukkan pada kita bahwa ada interaksi gravitasi, yang memberitahu kita bahwa ini benar-benar sebuah planet karena mereka berinteraksi satu sama lain," terangnya. (Info Astronomy)

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.