Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Lima Perbedaan Planet Mars dengan Bumi



Mars menjadi planet yang mendapat perhatian dari seluruh umat manusia di Bumi setelah robot buatan NASA, Curiosity berhasil mendarat di sana untuk mencari tanda-tanda kehidupan Mars di masa lalu.


Secara umum ada banyak perbedaan Mars dengan Bumi, namun di sini kita hanya akan mengungkapkan 5 saja yang paling nyata membedakan planet Bumi dan Mars.

1. Warna: Planet Mars disebut planet Merah (red planet) karena permukaan planet Mars berupa debu yang berwarna merah atau coklat seperti karat. Debu ini penuh dengan kandungan besi.

2. Berat: Mars hanya memiliki gravitasi 38 % dari gravitasi Bumi. Jadi jika berat kita di Bumi 68 kg, maka berat kita di Mars hanya 26 kg.

3. Temperatur: Temperatur di Mars bisa berubah dan berkisar antara 27 derajat Celcius di ekuator dan -128 derajat Celcius di kutubnya.

4. Atmosfer: Atmosfer Mars didominasi oleh karbon dioksida dengan sedikit nitrogen dan argon. Sedangkan atmosfer Bumi didominasi oleh nitrogen, oksigen, dan gas lainnya.

5. Lama hari: lama 1 hari di Mars lebih lama 40 menit dari lama 1 hari di Bumi.

(InfoAstronomy/astronomi.us)

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.