Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Galaksi NGC 1187 Tempat Meledaknya Supernova Dahsyat



Siapa sangka bahwa galaksi NGC 1187 yang seolah terlihat tenang ini merupakan tempat dua ledakan supernova dahsyat yang terjadi dalam 30 tahun terakhir. Ledakan ini dihasilkan oleh sebuah Bintang besar atau bintang kerdil putih dalam sistem bintang biner.

Para astronom terus mengawasi galaksi ini untuk melihat supernova lain yang akan terjadi.

Gambar galaksi NGC 1187 di atas diambil oleh ESO’s Very Large Telescope dan merupakan foto yang paling jelas dari galaksi ini. Galaksi NGC 1187 terletak di konstelasi Eridanus (The River).

Lengan-lengan dari galaksi ini sangat jelas terlihat dan masing-masing mengandung gas dan debu. Warna biru pada lengan menunjukkan adanya bintang-bintang muda yang baru terbentuk dari awan gas antarbintang.

Dikutip Info Astronomy dari astronomi.us dan universetoday.com, Rabu (01/08/2012), Di pusat galaksi NGC 1187, terlihat sebuah tonjolan kuning bercahaya terang dan itu terdiri dari bintang tua, gas, dan debu. Di sekitar galaksi ini juga bisa kita lihat begitu banyak galaksi jauh. Bahkan beberapa di antaranya dapat terlihat walau pun terhalang oleh NGC 1187.

Supernova pertama pada galaksi ini pertama kali dideteksi pada tahun 1982 disebut dengan SN 1982R dan yang paling baru adalah supernova SN 2007Y yang dideteksi pada tahun 2007 lalu. Supernova kedua ditemukan oleh seorang astronom amatir, Berto Monard di Afrika Selatan dan kemudian dimonitor oleh astronom lain selama setahun. (Info Astronomy/astronomi.us)

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.