Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Wajah Tercantik Saturnus Diabadikan


Wahana antariksa Cassini milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) berhasil mengabadikan wajah tercantik Saturnus bersama cincin dan satelit yang juga mengitarinya.
Dalam salah satu citra yang diabadikan, Cassini memperlihatkan planet Saturnus dengan cincinnya yang tampak pipih. Di sekitarnya, diperlihatkan 3 bulan besar Saturnus, yakni Rhea, Tethys, dan Pandora.
Citra yang tak kalah spektakuler memperlihatkan Planet Saturnus dan cincinnya secara close-up. Dalam citra tersebut, tampak bayang-bayang struktur cincin menghiasi permukaan planet terbesar kedua di Tata Surya tersebut.
Beberapa gambar lain memperlihatkan permukaan Rhea yang penuh kawah, cincin Saturnus yang dihiasi oleh bulan yang lain bernama Dione, serta bagian cincin Saturnus yang tertutup oleh bayangan Tethys.
Pihak NASA menyatakan bahwa citra yang dirilis kali ini merupakan yang tercantik dan tertajam. Citra bisa diperoleh sebab Cassini mengubah sudut pengambilan citra Saturnus serta secara reguler bergerak ke bagian atas dan bawah ekuator planet itu.
Saturnus istimewa karena memiliki 60 bulan, melebihi jumlah bulan milik Jupiter. Saturnus juga memiliki bulan terbesar bernama Titan yang berdasarkan riset terbaru memiliki atmosfer. Bulan Saturnus adalah salah satu tempat di Tata Surya yang diduga menyimpan kehidupan. 

Sumber :
Editor :
Tri Wahono

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.