Saran pencarian

Neil Armstrong, Manusia Pertama yang Mendarat di Bulan Meninggal Dunia

Astronot yang sekaligus menjadi manusia pertama yang mendarat di Bulan, Neil Armstrong meninggal dunia pada hari Sabtu, 25 Agustus 2012 (waktu Amerika) atau Minggu, 26 Agustus 2012 (waktu Indonesia). Neil Armstrong meninggal pada usia 82 tahun setelah menderita komplikasi dan penyumbatan pembuluh darah koroner. Sebelumnya Neil Armstrong menjalani operasi bypass jantung pada awal Bulan Agustus.

Sebagai orang pertama yang menjejakkan kaki di Bulan, Neil Armstrong dikenal sebagai pribadi yang rendah hati. Kata-katanya yang paling terkenal saat pertama kali mendarat di Bulan adalah "That's one small step for (a) man, one giant leap for mankind." yang artinya "Itu satu langkah kecil yang dilakukan oleh seseorang tapi lompatan besar bagi umat manusia."
Neil Amrstrong. Image credit: nettavisen.no

Neil Armstrong lahir di Wapakoneta, Ohie pada 5 Agustus 1930. Sejak remaja ia bekerja di sebuah bandara kecil di kota tersebut. Armstrong kemudian mengambil lisensi terbang pada usia 15 tahun dan menerimanya pada usia 16 tahun. Sebagai penerbang Angkatan Laut AS, Ia terbang dalam 78 misi saat perang Korea berlangsung. Armstrong kemudian bergabung dengan NASA pada tahun 1955 dan mendapatkan lisensi sebagai astronot pada tahun 1962. Kemudian ia ditugaskan untuk menjadi pilot pada misi Gemini 8 dan sukses melakukan docking di luar angkasa.

Pada 20 Juli 1969, lebih kurang 500 juta pasang mata melalui siaran televisi berbahagia ketika Neil Armstrong mengatakan bahwa modul Eagle Apollo telah mendarat dengan selamat di permukaan Bulan.

Presiden Amerika Barack Obama mengatakan dalam pidatonya memuji Neil Armstrong dan menyebutnya sebagai "Pahlawan terbesar Amerika" sepanjang masa.

Dikutip astronomi.us dari space-travel.com, Minggu (26/08/2012), Setelah pensiun dari NASA pada tahun 1971, Neil Armstrong mengajar rekayasa kedirgantaraan di University of Cincinnati selama hampir 10 tahun dan menjadi dewan direksi di beberapa perusahaan seperti Lear Jet, United Airlines, dan Marathon Oil. Armstrong juga menjabat sebagai wakil administrator asosiasi aeronautika di NASA, yang mengkoordinasi dan mengelola riset aeronautika dan teknologi antariksa NASA.

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.