Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Pagi Tadi, Asteroid 2002 AM31 Melintasi Bumi


Sekitar pukul 06.39 WIB, Senin (23/7/2012), satu fenomena antariksa terjadi. Kali ini, asteroid berdiameter 1 kilometer memasuki orbit bumi. Berjarak 5,25 juta km, Asteroid 2002 AM31 itu meluncur ke bumi.

"Asteroid ini termasuk benda angkasa yang berpotensi jauh ke bumi. Tapi, asteroid itu belum tentu menabrak. Diperkirakan, asteroid itu melintas sekitar pukul 06.39 WIB besok," kata Profesor Riset Astronomi Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin, Minggu (22/7/2012).

Menurutnya, jarak antara bumi dan Asteroid 2002 AM31 itu sama dengan 13,7 kali jarak antara bumi dan bulan. Dia mengaku, LAPAN tidak mengadakan pengamatan khusus. Sebenarnya, fenomena tersebut bisa dilihat oleh manusia dengan bantuan teleskop agar terlihat lebih jelas.

Namun dikarenakan saat melintas di Indonesia, Asteroid 2002 AM31 itu mendekat pada saat matahari sudah terbit Thomas mengatakan mengaku fenomena itu sulit diamati. "Melintasnya asteroid itu lebih mudah diamati jika keadaan langit gelap. Itu seperti bintang yang sedang berpindah tempat," sebutnya seraya mengatakan asteroid yang melintas itu perhatian para peneliti astronomi.

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.